Sabtu, 09 Maret 2019

BKKBN Kenalkan Program Genre Di SMAN 1 Jampang Tengah


OPERAIND- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat mengenalkan program Generasi Berencana (Genre) untuk kalangan pelajar di lingkungan SMAN 1 Jampang Tengah, Desa Cijulang, Kabupaten Sukabumi, Rabu (27/2).

Dalam sosialisasi tersebut, turut hadir mitra kerja anggota DPR RI dari Komisi IX, Ribka Tjiptaning Proletariyati sebagai narasumber. Di kesempatan itu, Ribka menyebutkan pentingnya remaja untuk membentuk kepribadian yang kuat dalam menyongsong masa depan yang cerah.


loading...


"Mengutip pernyataan fenomenal Soekarno, 'berikan aku 10 pemuda, maka akan ku guncang dunia' artinya peran pemuda atau remaja sangat penting untuk masa depan sebuah negara, pemuda harus cerdas, berkepribadian dan bekerja keras," kata Ribka.

"Disini peran keluarga sangat penting dalam membentuk kepribadian remaja," sambungnya.

Selanjutnya, materi dilanjutkan oleh perwakilan BKKBN Jabar, Pepep Darusman. Pepep menjelaskan, sedikitnya ada delapan fungsi keluarga agar remaja memiliki pemahaman, sikap dan perilaku positif.

Baca jugaPengembangan Dari OTT Romi, Ruang Kerja Menteri Agama Ikut Disegel KPK

"Remaja perlu paham setiap fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan fungsi lingkungan, agar remaja memiliki pemahaman, sikap dan prilaku positif tentang hak-hak reproduksi untuk meningkatkan kualitas generasi penerus," jelasnya.

"21-35 tahun adalah usia ideal untuk memiliki keturunan. Ini menjadi penting tentang penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR),” sambungnya.


loading...


Selain itu ia pun menjelaskan tentang 'Life Skill' yang bertujuan untuk melindungi diri sendiri dari berbagai resiko dan ancaman. Sehingga bisa hidup dengan baik untuk mencapai cita-cita serta pentingnya menghindari seks pra nikah, pernikahan dini dan napza.

Simak jugaMenhan: Jika masih ada Ulama Atau Ustadz Bilang Kafir Saat Ceramah, Silahkan Laporkan

Acara dimeriahkan dengan quiz dan ditutup dengan penyerahan bantuan kepada PIK-R sekolah berupa genre kit, bola futsal dan gitar akustik. Selain itu dilakukan penyerahan door prize, berupa 2 sepeda gunung, 4 handphone dan 5 jam tangan..Selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar